Cara Penggunaan, Dosis, Dan Efek Samping Mengonsumsi Folamil Genio

Folamil genio adalah jenis suplemen yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh selama masa kehamilan dan masa menyusui. Folamil termasuk suplemen kehamilan dengan kategori B yang berarti tidak berisiko pada beberapa penelitian sehingga sangat aman dikonsumsi ibu hamil. Suplemen ini berbentuk kaplet dengan cara penggunaan langsung ditelan melalui mulut atau diminum.

Sebelum mengonsumsi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik yaitu hindari menggunakan suplemen ini pada trimester pertama, jangan melebihi dosis yang dianjurkan, serta selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaannya. Untuk aturan penyimpanannya, sebaiknya folamil disimpan di suhu normal ruangan dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Cara Penggunaan Folamil Genio Yang Baik

Suplemen folamil bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Bagi ibu hamil atau ibu menyusui yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan dianjurkan untuk mengonsumsi folamil setelah makan. Dengan mengonsumsinya saat ataupun setelah makan diyakini membantu meningkatkan penyerapan suplemen di dalam tubuh.

Tidak dianjurkan mengonsumsi folamil untuk wanita yang mempunyai kondisi hiperkalsemia, kelebihan zat besi, asma bronkial, penyakit hati, gagal hati kronis, gagal ginjal, penyakit Leber’s optic atrophy, penyakit tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, penyakit Wilson, penyakit hati, dan infeksi ginjal akut.

Dosis Yang Dianjurkan Mengonsumsi Folamil Genio

Untuk ibu hamil dan ibu menyusui, dosis mengonsumsi folamil genio yang dianjurkan sebanyak 1 kaplet perhari. Dalam setiap kaplet folamil terdiri dari beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalsium, vitamin C, vitamin B12, sodium flouride, kalsium laktat, asam folat, vitamin D, kalium iodida, dan tembaga sulfat.

Jika bumil lupa minum obat dan sudah melewatkan satu dosis, segeralah minum obat tersebut ketika ingat. Akan tetapi jika bumil baru ingat setelah masuk penggunaan dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupakan. Setelah itu lanjutkan pemakaian sesuai jadwal dan dosis yang telah dianjurkan serta jangan mengonsumsi obat ini dengan dosis dobel.

Efek Samping Folamil Genio

Tidak ada efek samping khusus yang ditimbulkan selama mengonsumsi folamin genio, akan tetapi suplemen ini tidak baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui yang sensitif terhadap satu atau lebih kandungan didalamnya. Sekalipun menimbulkan efek samping, masalah serius yang bisa dialami adalah feses berwarna hitam. Tidak semua orang mengalami efek samping selama mengonsumsi suplemen ini.

Hentikan pemakaian folamil jika terjadi perubahan pada warna gigi seperti kekuningan, kehitaman, atau kecoklatan. Untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan ada baiknya jika bumil melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Suplemen untuk ibu hamil memang banyak yang bisa dikonsumsi guna melengkapi asupan nutrisi selama menjalani masa kehamilan. Disamping memperbanyak konsumsi asupan nutrisi dari makanan sehat dan bergizi, asupan suplemen juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang janin yang lebih baik.

Dengan konsumsi suplemen dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan sudah pasti sangat membantu untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil, dan juga tumbuh kembang janin. Folamil genio menjadi pilihan untuk melengkapi asupan nutrisi selama masa hamil. Pahami dosisi yang tepat untuk dikonsumsi dan jangan sampai membahayakan kehamilan. Jangan berlebihan dan jangan membuat ketagihan dengan suplemen. Harus diingat bahwa suplemen hanyalah pelengkap.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *