Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil Dari Awal Kehamilan Hingga Mendekati Kelahiran

9 bulan 10 hari bukanlah waktu yang cepat untuk dilewati ibu yang sedang mengandung janin. Untuk memastikan janin dapat terlahir dengan sehat saat sudah waktunya, sang ibu haruslah berhati-hati dalam konsumsi makannya. Sebagaimana halnya ada makanan yang perlu ibu hamil hindari, ada juga makanan yang sebaiknya untuk dikonsumsi. Salah satu makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah bubur kacang hijau. Mari kita bahas lebih jauh manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil, dimulai dari kandungan hingga bagaimana mengkonsumsinya. Pastikan anda baca dengan seksama.

 

Apa Saja Nutrisi Yang Ada Dalam Kacang Hijau?

Untuk mengetahui bagus tidaknya kacang hijau untuk dikonsumsi, mari kita tilik apa saja nutrisi yang terkandung di dalamnya. Di antara banyaknya nutrisi kacang hijau, tahukah anda bahwa kacang hijau memiliki tiga vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya, baik ketika masih muda maupun ketika sudah hamil tua. Ketiga vitamin inilah yang berperan besar dalam menutrisi ibu dalam masa kehamilan mereka. Berikut akan kami jelaskan tiga nutrisi penting tersebut yang tentu perlu untuk semua ketahui fungsi dan manfaatnya di bawah ini.

  • Asam Folat

Utamanya, asam folat adalah nutrisi penting yang bekerja untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Untuk wanita sendiri, nutrisi ini diperlukan untuk memelihara kesehatan ovarium. Asam folat akan bekerja mendukung proses pembuahan, kemudian pembentukan bakal janin, hingga kesehatan kandungan ketika anda hamil. Hal ini penting diketahui bukan?

  • Tiamin

Nutrisi kedua ini lebih sering dikenal dengan nama vitamin B1. Tiamin akan bekerja untuk membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi. Karena tentunya ibu hamil membutuhkan energi lebih membawa janin dalam kandungan selama 9 bulan lamanya. Selain itu, tiamin juga membantu dalam perkembangan otak, saraf, otot, dan jantung janin.

  • Zat Besi

Seperti yang anda ketahui, zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Namun, jika dipahami lebih dalam lagi, zat besi membantu menyuplai oksigen dan nutrisi ke tubuh sang ibu dan janin dalam kandungannya. Jika nutrisi ini terpenuhi, sang ibu tidak perlu lagi khawatir akan kemungkinan terkena anemia selama masa kehamilannya.

Pektin dan Folat Dalam Kandungan Kacang Hijau

Selain ketiga nutrisi tersebut di atas, ada pula kandungan pektin dalam kacang hijau. Pektin yang berbentuk serat ini bersifat larut dan bekerja mempercepat pergerakan makanan dalam usus kita. Dengan demikian, usus kita dapat bekerja secara teratur. Oleh karena itulah, penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan asupan nutrisi ini. Jika tubuh sang ibu berfungsi secara optimal, maka janin yang dikandungnya pun akan tumbuh dan lahir dengan sehat. Untungnya, pektin ada dalam kacang hijau.

Kacang hijau serta kacang-kacangan yang lainnya juga dikenal karena kandungan folatnya. Tentu anda sedikit tahu tentang manfaat folat dari pembahasan sebelumnya, bukan? Perlu anda ketahui lebih jauh lagi bahwa kurangnya asam folat dipercaya meningkatkan resiko kegagalan dalam kelahiran janin. Karenanya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, konsumsi kacang hijau sangatlah dibutuhkan. Dalam 202g kacang hijau, terdapat sebanyak 80% RDI untuk nutrisi folat anda.

Harap jadikan kedua nutrisi ini perhatian, sekaligus dengan manfaat utama dari kacang hijau sebelumnya di atas. Penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat penting keduanya bagi ibu hamil. Tentu saja, nutrisi ini tidak hanya anda dapatkan dalam kacang hijau saja. Kacang-kacangan yang lain dapat dijadikan variasi rasa untuk asupan dengan kuantitas yang dibutuhkan oleh tubuh selama masa kehamilan. Manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil memang besar nyatanya, dan sangat penting selama proses kehamilan pada ibu.

Nilai Nutrisi Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil dapat anda rasakan pada masa apapun anda saat ini. Memang, ada kandungannya yang membantu bahkan dari pembuahan janin. Akan tetapi, hal ini bukan berarti konsumsi kacang hijau hanya menguntungkan pada masa kehamilan muda. Jika anda perlu bukti, akan kami jelaskan manfaat yang ibu hamil bisa dapatkan di masa kehamilan muda dan tuanya. Bukankah ini layak untuk menjadi perhatian? Tidak semua bahan makanan bisa seefektif ini. Kacang hijau memberikan asupan yang berlimpah dan memastikan hingga bayi lahir dengan sehat.

Maanfaat di Masa Kehamilan Muda

  • Mendukung perkembangan bayi dalam kandungan
  • Menurunkan tekanan darah pada ibu hamil
  • Mensuplai folat untuk pertumbuhan bayi yang optimal
  • Mendukung perkembangan otak bayi
  • Meningkatkan sel darah merah pada sang ibu

Manfaat di Masa Kehamilan Tua

  • Mencegah berat badan rendah pada bayi
  • Mengurangi resiko penyakit celiac pada bayi
  • Membantu menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan antioksidan
  • Membantu kesehatan pencernaan

Dapat anda lihat bahwa konsumsi kacang hijau memang memiliki manfaat yang tidak main-main. Bahan makanan ini juga tidak membeda pada masa kehamilan apa dia akan lebih membantu kita. Baik muda maupun tua, kacang hijau tidak mengenal masa dalam meningkatkan kesehatan tubuh selama kehamilan. Bahkan manfaat yang didapatkan ditujukan untuk ibu hamil dan juga janin itu sendiri. Karenanya, jangan berhenti makan bubur kacang hijau hingga hari kelahiran anak tercinta. Dengan demikian, anda akan dapat merasakan manfaat dari konsumsi makanan ini secara optimal.

Cara Mengkonsumsi Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dimasak dengan berbagai cara. Akan tetapi, kacang hijau bukanlah tipe sayuran sehingga tidak bisa diolah layaknya memasak sayuran. Biasanya, kacang hijau digunakan untuk konsumsi dalam bentuk minuman. Namun, menggunakannya sebagai bahan dasar membuat bubur dapat menjadi pilihan yang bisa anda pertimbangkan. Rasanya yang nikmat tentu akan menggugah selera kita meski bahannya sederhana.

DIkutip dari drbrowns.id Membiasakan pola makan sehat sebenarnya tidaklah sulit. Yang kita perlukan hanyalah membiasakan diri dengannya dan mencari cara untuk menikmatinya dalam jangka waktu yang lama. Tentunya, menjadikan kacang hijau bubur bukanlah satu-satunya cara. Meski diolah menjadi makanan lain sekalipun, makanan dengan bahan utama kacang hijau akan tetap memberikan manfaat yang tubuh dibutuhkan selama masa kehamilan. Mengkonsumsinya sangatlah dianjurkan.

Kesimpulan

Manfaat bubur kacang hijau bagi ibu hamil dapat dirasakan sebelum hingga sesudah kelahiran. Di setiap masa kandungan pun, kacang hijau memberikan manfaat yang tiada tara jumlahnya. Baik itu hamil muda atau tua, keduanya mendapatkan manfaat yang sama beratnya. Mengkonsumsi makanan sehat seperti ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan makanan instan yang walaupun lezat, dapat membahayakan kesehatan terutama janin dalam kandungan. Bubur kacang hijau tidak kalah lezatnya dan justru mengenyangkan, selain mendapatkan nutrisi yang ibu sangatlah butuhkan.

You may also like...