Manfaat Penting Natavit Ketika Dikonsumsi Selama Kehamilan

Natavit merupakan suplemen obat untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat terutama selama kehamilan. Fungsi asam folat bagi ibu hamil yaitu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, mencegah terjadinya cacat pada bayi, dan menghindari terjadinya anemia saat hamil. Dalam suplemen natavit terdapat berbagai jenis kandungan yang berperan penting selama kehamilan yaitu folic acid 0,8 mg, arachnoid acid 60 mg, dan DHA 20 mg. Kontraindikasi penggunaan natavit yaitu tidak boleh dikonsumsi sebelum melakukan operasi.

Banyaknya kebutuhan asam folat yang harus terpenuhi selama kehamilan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen obat saja. Kebutuhan asam folat juga bisa terpenuhi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan. Sumber makanan yang kaya akan asam folat dan bisa bumil konsumsi selama kehamilan diantaranya sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, dan selada, kacang-kacangan seperti kacang polong, buah-buahan seperti pisang, lemon, dan melon, dan beberapa makanan yang mengandung folat seperti sereal, roti, dan jus.

Manfaat Suplemen Natavit Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Natavit merupakan suplemen asam folat yang didalamnya terdapat kombinasi asam dokosaheksaenoat, asam folat, dan asam arakidonat yang berperan penting bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya seperti:

  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak pada janin
  • Meningkatkan pertumbuhan sistem saraf pada janin saat di dalam kandungan
  • Membantu meningkatkan perkembangan tulang pada janin selama di dalam kandungan
  • Membantu proses produksi prostaglandin, tromboksan, dan leukotrines
  • Mencegah terjadinya keguguran selama kehamilan terutama pada trimester pertama
  • Mencegah terjadinya kerusakan otak pada janin
  • Membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga ibu hamil bisa terhindar dari anemia
  • Mencegah penyakit jantung selama kehamilan
  • Mencegah depresi selama kehamilan

Dosis Yang Dianjurkan Saat Mengonsumsi Natavit

Suplemen natavit tersedia dalam bentuk kapsul. Untuk satu kemasan suplemen ini berisi 30 kapsul lunak yang bisa dikonsumsi langsung dengan cara ditelan melalui mulut atau diminum. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kehamilan ini adalah satu kapsul perhari. Aturan mengonsumsi suplemen ini dilakukan setelah makan untuk menghindari terjadinya iritasi pada lambung, terutama bagi ibu hamil yang mengalami gangguan sistem pencernaan.

Efek Samping Suplemen Natavit

Pada dasarnya tidak ada efek samping yang ditimbulkan selama bumil mengonsumsi suplemen natavit. Akan tetapi karena tidak semua orang cocok dengan suplemen ini, maka natavit tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui yang hipersensitif atau alergi terhadap kandungan yang terdapat didalamnya. Pastikan bumil selalu mengikuti aturan minum suplemen dengan baik. Untuk menghindari terjadinya efek samping yang serius, sebaiknya bumil melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Mengkonsumsi suplemen seperti natavit selama menjalani masa kehamilan tentu saja tidak ada larangan jika sesuai dengan dosis yang dianjurkan atau tidak berlebihan. Berkonsultasi dengan dokter spesialis kehamilan tentu saja penting dilakukan agar tidak ada bahaya terhadap kehamilan akibat mengkonsumsi suplemen tersebut.

Suplemen hanya dikonsumsi sebagai pelengkap asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sebaiknya suplemen natavit tidak menjadi konsumsi utama, tetaplah konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menunjang kehamilan yang sehat. Sesekali konsumsi suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut selama menjalani masa kehamilan. Kehamilan yang sehat tentu saja membuat tumbuh kembang janin lebih baik dan tidak ada masalah kesehatan yang menyertainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *