Manfaat, Dosis, Dan Efek Samping Mengonsumsi Promavit Bagi Ibu Hamil

Promavit adalah suplemen yang sangat penting dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan mineral dan menjaga asupan vitamin selama kehamilan agar janin yang dikandung memiliki tumbuh kembang yang baik dan selalu sehat. Suplemen ini tidak hanya baik dikonsumsi ibu hamil, tetapi penting juga dikonsumsi ibu menyusui untuk menunjang produksi ASI agar tetap melimpah. Promavit cukup berperan penting dalam mengganti zat-zat dalam tubuh yang terkuras selama masa menyusui.

Bentuk suplemen promavit berupa kapsul lunak atau sofgel yang terdiri dari beberapa kandungan seperti minyak ikan tuna, asam lemak omega 3, vitamin B12, vitamin A, zat besi, kalsium, vitamin B6, vitamin D, EPA, dan DHA. Tidak ada kontraindikasi dalam pengonsumsian suplemen yang satu ini, akan tetapi tidak baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui yang hipersensitif atau memiliki alergi dengan kandungan yang terdapat didalamnya.

Manfaat Penting Promavit Untuk Ibu Hamil

Konsumsi suplemen selama kehamilan memang bertujuan untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi tumbuh kembang janin agar tetap sehat dan tidak ada masalah kesehatan yang serius. Dengan konsumsi promavit maka bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi kehamilan. Promavit mempunyai manfaat yang sangat penting bagi ibu hamil dalam membantu tumbuh kembang janin dan ibu menyusui. Manfaat penting tersebut diantaranya :

  • Kandungan zat besi dalam promavit dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil dan ibu menyusui
  • Membantu mencegah osteoporosis dan sakit gigi yang disebabkan kekurangan vitamin D selama kehamilan
  • Kandungan asam lemak omega 3 dan minyak ikan tuna dalam promavit dapat membantu meningkatkan kecerdasan janin
  • Mencegah kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil seperti mangan, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, dan yang lainnya
  • Memenuhi asupan vitamin dan mineral yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil
  • Kandungan vitamin B12 dalam promavit mempunyai manfaat penting untuk mencegah kecacatan pada otak janin

Dosis Yang Benar Dalam Mengonsumsi Promavit

Ibu hamil akan mendapatkan manfaat penting dari promavit jika mengonsumsinya dengan baik dan sesuai dosis yang telah dianjurkan dokter kandungan atau bidan. Dosis benar yang tertera pada kemasannya adalah 1 kapsul sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk mencegah iritasi pada lambung, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi suplemen ini setelah makan.

Efek Samping Mengonsumsi Promavit

Pengonsumsian promavit sebenarnya tidak akan menimbulkan efek samping selama dikonsumsi oleh ibu hamil yang tidak memiliki hipersensitif atau alergi terhadap kandungan yang ada didalamnya. Jika terjadi reaksi alergi seperti mual-mual, muntah, sakit kepala, gatal-gatal, ruam, dan sesak nafas segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penangan segera.

Selain karena alergi atau hipersensitif yang dimiliki ibu hamil, efek samping dari promavit juga bisa terjadi ketika dikonsumsi melebihi dosis yang telah dianjurkan. Reaksi lain yang bisa ditimbulkan yaitu adanya pembengkakan pada wajah, bibir, dan mata.

Nah, setelah mengetahui bagaimana manfaat dan efek samping dari promavit maka tentu saja Anda bisa mempertimbangkan konsumsi suplemen ibu hamil ini. Perhatikan dosis dan anjuran. Perbanyak konsultasi dengan dokter kandungan agar kehamilan Anda selalu dalam kondisi sehat dan tidak ada gangguan. Dengan begitu maka kehamilan akan berjalan normal hingga waktunya untuk persalinan tanpa adanya masalah. Selamat menjalani masa kehamilan, semoga sehat selalu!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *